6 GODAAN TERBESAR SAAT PUASA RAMADHAN



Makin banyak godaan, makin tinggi pula kualitas puasanya. Karena itu, kenali dulu godaan-godaan paling krusial saat Ramadhan

1. Haus dan Lapar

Ini adalah godaan paling jahiliyah yang pernah ada di muka bumi. Meski agak-agak aneh juga kalau memasukkan godaan ini dalam daftar (secara kalo puasa ya pasti lapar dan haus, tul gak?).

Tapi, ternyata masih banyak teman-teman kita tuh yang menyebut haus dan lapar sebagai salah satu godaan terberat pada bulan Ramadhan.


Cara yang paling mudah, makan yang mengandung protein tinggi dan minum minuman pada saat sahur atau buka puasa. Namun bila masih lapar dan haus juga, segera konsultasikan masalah kamu ke dokter.

2. Lapar Mata

Yang ini sebenarnya bukan masalah tidak kuat nahan lapar atau haus, tapi lebih kepada tidak bisa nahan hasrat membeli makanan buka puasa.

Perhatikan ciri-ciri yang kasat mata; setiap ngelewatin pedagang es buah di pinggir jalan atau mencium aroma sop buntut di food court, pasti deh doi buru-buru mengaku kalo asmanya tiba-tiba kambuh dan harus menahan napas panjang. Padahal sih, diam-diam dan penuh nafsu, dia menghirup segala aroma sedap yang bertebaran di udara.

3. Biang Gosip dan Tukang Cela

Ini adalah godaan paling susah dihindari. Khususnya para wanita yang udah ketemu teman satu geng. Meskipun sadar berpuasa, kebiasaan ini amat sangat sulit dihindari. Apa pasal? Bagi kaum cewek, bergosip dan menyela adalah cara termudah membahas suatu tema dalam setiap obrolan.

4. TTS (Teman Tapi Setan)

Setan bisa berwujud apa pun, termasuk teman kita sendiri. Mereka ini kadang kerasukan kekuatan jahat untuk menggoda. Jangan bayangkan teman kamu tampil dengan mata merah dan bertanduk, dengan segala godaannya mengajak kita ke hal-hal yang tidak diridhoi Allah SWT.

5. Emosi
Hal ini terjadi karena dorongan masalah yang sedang Anda hadapi. Misal akibat dari marah hanya karena gara-gara ucapan teman atau pembahasan lain yang dirasa karena berbeda pendapat atau visi.

6. Merokok

Buat para perokok, tidak menghisap tembakau di saat-saat tertentu bisa membuat mereka merasa buntu untuk berfikir berpikir. Beberapa alasan itu biasanya  para perokok merasa tidak bisa mendapat inspirasi dalam berfikir, mulut asem, iseng, atau tergoda teman. Jadi alasan bagi mereka yang menganggap rokok jadi ujian terberat mereka di bulan puasa.  Karena itu perlu ditanamkan dipikiran bahwa rokok adalah musuh terbesar yang sedang mengincar nyawa Anda.

YA ALLAH KARUNIAKANLAH KEPADA KAMI PADA BULAN RAMADHAN DENGAN KEIMANAN, KESELAMATAN, KEISLAMAN, DAN BERIKANLAH KEPADA KAMI SEMUA TAUFIK DAN RAHMATMU, AGAR KAMI MAMPU MELAKUKAN AMALAN YANG ENGKAU RIDHOI
Iklan diluar tanggungjawab publisher